Membagikan informasi dan hiburan terkini untuk pembaca Blognya Nicolas.

Sabtu, 23 September 2017

Insomnia - Penyakit Kesulitan Tidur Yang Sangat Mengganggu

September 23, 2017 Posted by Nicolas Hamizan No comments
Kesulitan tidur merupakan penyakit yang sangat sering dialami. Istilah ilmiah kesulitan tidur adalah insomnia. Insomnia dapat mempengaruhi tenaga, mood, dan tubuh anda pada saat pagi.





Apa itu Insomnia?

Insomnia adalah kesulitan untuk tidur ataupun tubuh penderita tetap dalam posisi bangun. Insomnia dapat mengundang banyak sekali masalah ataupun dapat menjadi permasalahan serius. Insomnia dapat mempengaruhi produktivitas kerja anda, tenaga anda, bahkan konsentrasi anda yang sangat anda butuhkan. Insomnia juga dapat mengundang anda untuk meminum obat tidur ataupun alkohol yang dapat merusak bagian tubuh anda dalam jangka waktu yang lama.


Jenis - Jenis Insomnia

Insomnia Akut

Insomnia ini dialami oleh penderita dalam jangka pendek saja. Insomnia ini disebabkan oleh stres, hormon, ataupun penyakit. Insomnia ini sering dialami oleh setiap orang sedikitnya sekali dalam hidupnya.

Insomnia Kronik

Insomnia ini dialami oleh penderita setiap malamnya bahkan sampai 3 atau 4 kali dalam satu malam. Gejala penyakit ini adalah penderitanya tidak bisa tidur atau kesulitan untuk tidur dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari 1 bulan.

Sebab - Sebab Insomnia

Stres

Ini adalah penyebab yang sangat umum terjadi dalam setiap orang. Penyebab ini jugalah yang sering dilanjutkan dari insomnia akut menjadi insomnia kronik.

Penyakit

Penyakit yang menyebabkan insomnia adalah asma, alergi, kanker, penyakit ginjal, dan penyakit parkinson. Ini jugalah yang menyebabkan penderitanya menderia insomnia kronik.

Obat-obatan

Obatan yang mengandung alkohol dapat mengganggu tidur anda. Obat-obatan tersebut adalah obat flu, obat penghilang sakit, dan lain sebagainya.

Kelainan Tidur

Insomnia adalah penyakit kelainan tidur. Tetapi, insomnia juga merupakan gejala dari kelainan tidur lainnya. Seperti kesulitan pernapasan pada saat tidur, restless leg syndrome, dan lain lain.

Cara Mengatasi Insomnia

Pakailah kamar tidur hanya untuk tidur

Jika anda makan, menonton televisi, dan lain sebagainya dilakukan di kamar tidur anda, maka otak anda akan berpikir kamar tidur anda bukan hanya untuk tidur. Jangan lakukan kebiasan tersebut dan pakailah kamar tidur anda hanya untuk tidur.

Tutup semua lampu di kamar anda

Tutup semua lampu dan lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti mendengar musik yang lembut.

Jangan lakukan aktivitas yang terlalu berat

Jangan lakukan diskusi ataupun debat dengan siapapun. Tunggu sampai besok pagi bila dapat terpenuhi.

Pindahkan jam di kamar tidur anda

Jika anda terbangun ataupun saat tidur anda melihat jam, maka anda akan stress. Jadi singkirkan jam dari pandangan anda.

Jangan paksakan tubuh anda untuk tidur

Jika anda tidak bisa tidur, bangun dari tempat tidur anda, dan lakukan hal- hal yang menenangkan tubuh anda, seperti latihan pernapasan dan meditasi.

Kesimpulan

Penyakit insomnia tidaklah berbahaya, namun jika tidak bisa sembuh dalam waktu yang lama, maka itu akan menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Karena penyakit insomnia dapat mempengaruhi tubuh anda secara keseluruhan. Maka, bertindaklah yang bijak, konsultasi kepada dokter atau lakukan terapi dengan ahlinya.


0 komentar:

Posting Komentar