Membagikan informasi dan hiburan terkini untuk pembaca Blognya Nicolas.

Sabtu, 07 Oktober 2017

Voyager 1 - Satelit Terjauh Dari Bumi

Oktober 07, 2017 Posted by Nicolas Hamizan No comments
Voyager 1 adalah satelit terjauh dari Bumi dan juga barang buatan manusia terjauh yang pernah dibuat. Voyager 1 diluncurkan pada tanggal 5 September 1977 dan masih ada di alam semesta ini. Jaraknya telah mencapai 140 AU atau 2.09 x 10¹⁰ km dari matahari. Ini menjadikan Voyager 1 telah keluar dari sistem tata surya. Ada hal yang menarik yang dibawa oleh Voyager 1. Voyager 1 membawa Golden Record.


Salah satu cara ilmuwan berkomunikasi dengan Alien

Golden Record
Alien merupakan salah satu misteri yang tidak dapat dibuktikan. Keberadaannya sampai sekarang tidak bisa dijangkau oleh manusia ataupun memang tidak ada. Satelit ini membawa golden record dengan maksud agar ditemukan oleh Alien dan dapat mengerti keberadaan manusia di Bumi ini.



Foto-foto Tentang Kehidupan Bumi

Carl Sagan
Golden record berisi sebuah disc yang terbuat dari emas yang dapat bertahan di luar angkasa. Golden record juga berisi tentang 115 foto tentang kehidupan Bumi. Foto-fotonya meliputi persoalan tentang sains, matematika, fisika, dan lain sebagainya. Foto-foto tersebut juga meliputi anatomi manusia, DNA manusia, dan juga binatang dan tumbuhan. Foto-foto tersebut juga meliputi foto-foto kehidupan manusia dan sejarahnya. Namun, foto-foto tersebut tidak termasuk peperangan dan kekerasan. Foto- foto tersebut dipilih oleh Carl Sagan dati Cornell University. 115 foto dapat dilihat disini

Lagu-lagu yang Dibuat Oleh Manusia

Proses pembuatan golden record
Golden record juga berisi lagu-lagu klasik yang dibuat oleh Mozart, Bach, Beethover, dan lain sebagainya. Lagu-lagu tersebut dipilih oleh Carl Sagan, Linda Salzman, Frank Drake, Ann Druyan, Jon Lomberg, dan Timothy Ferris.





Pesan-pesan Golden Record

Pesan yang tercantum di golden recor
Pesan-pesan yang terdapat di Golden record berupa pesan-pesan tentang letak Bumi dan masih banyak lagi. Tentu saja, pesan ini tidak dapat disampaikan melalui bahasa yang dibuat oleh manusia, seperti angka 1, 2 dan seterusnya. jadi, NASA memakai atom dan lain sebagainya. 




Sambutan Manusia Bumi Terhadap Alien

Kurt Waldheim
Golden record juga berisi tentang sambutan-sambutan manusia Bumi terhadap Alien. Sambutan tersebut meliputi sambutan dari Kurt Waldheim, Secretary-General of the United Nations, sambutan dalam 55 bahasa dan lain sebagainya.







Kesimpulan

Lokasi Voyager 1
Alam semesta memang sangat misterius karena sangat banyak bagian alam semesta yang tidak dapat dijelajahi oleh Manusia. Maka, ilmuwan-ilmuwan telah memluncur Voyager 1 ke luar tata surya agar menemukan kehidupan baru selain manusia. Namun, sampai saat ini, 40 tahun setelah pertama kali diluncurkan, masih tidak mendapat kehidupan lain selain manusia dan Bumi.




Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar