Membagikan informasi dan hiburan terkini untuk pembaca Blognya Nicolas.

Sabtu, 30 September 2017

7 Tips Meningkatkan Peforma Otak Yang Bisa Dilakukan Dimana Saja

September 30, 2017 Posted by Nicolas Hamizan No comments
Otak memainkan peran penting dalam setiap aspek kehidupan kita. Seiring berjalannya waktu, otak kita semakin melambat dan menua seiring dengan usia kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga serta meningkatkan peforma otak kita. Berikut 7 tips meningkatkan peforma otak yang bisa dilakukan di mana saja:


1. Makan Makanan Yang Bergizi Bagi Otak

Makanan juga berperan penting bagi kesehatan otak. Makanan yang disarankan adalah kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Selainitu, minyak ikan dan minyak krill (berasal dari ekstrak dari sejenis udang kecil di Antartika, bernama krill). Hindari makanan yang mengandung gula berlebih. 



2.Rajinlah Berolahraga

Olahraga juga meningkatkan peforma otak dalam mengoperasikan bagian tubuh yang diperlukan. Bahkan, olahraga dapat meningkatkan peforma otak secara maksimal. Sebuah studi tahun 2010, mengatakan olahraga dapat membantu otak dalam mempelajari hal baru lebih cepat dari biasanya.



3.Belajar Fokus

Lakukan setiap kegiatan dengan fokus. Artinya, jangan mengerjakan sesuatu dalam waktu yang bersamaan. Hal ini mengakibatkan otak kebingungan dalam mengingat dan peforma otak tidak maksimal. Sebiah studi mengatakan otak memerlukan waktu 8 detik penuh untuk memproses informasi secara penuh. Jadi, jika anda melakukan 2 atau 3 hal secara bersamaan, anda akan lupa salah satu informasi dari hal yang anda lakukan bersamaan tersebut.

4.Tidur Yang Berkualitas

Studi Harvard mengatakan orang dengan tidur yang berkualitas akan berpikir lebih jernih dibandingkan orang yang tidur dengan kualitas rendah. 




5.Memainkan Permainan Mengasah Otak

Hal ini sudah pasti harus dilakukan. Permainan mengasah otak diperuntukkan untuk otak anda. Anda bisa mengasah otak anda dengan bermain sudoku dan ataupun catur.




6.Pelajari Kemampuan Baru

Jika anda melakukan kegiatan yang tidak menantang dan anda sudah menguasainya, hal tersebut akan membatasi otak anda untuk berkembang. Anda harus keluar dari zona aman anda dan kuasai kemampuan dan kegiatan yang belum anda pelajari selama ini. Hal ini akan memaksa otak anda untuk berkembang.

7.Pelajari Teknik Menghafal

Teknik menghafal akan berguna dalam waktu tertentu dan anda dapat lakukan teknik ini :

1.Singkatan

Misalnya anda menghafal warna pelangi, anda cukup hafal MeJiKuHiBiNiU (Merah,Jingga,Kuning,Hijau,Biru,Nila,dan Ungu). Singkatan ini lebih cepta diingat daripada menghafal 7 warna sekaligus.

2.Visualisasi

Anda dapat menghafal sebuah barang dengan menggunakan visualisasi terhadap barang tersebut. Misalnya, anda menvisualisasi gigi, karena anda harus pergi ke dokter gigi.

3.Cerita

Anda dapat menghafal sebuah hal yang baru dengan membuat cerita. Misalnya, anda ingin menghafal nama Nicolas, anda cukup mengingat Nicolas berambut pendek dengan baju kemeja merah. Ciri- ciri ini akan anda ingat lebih cepat daripada menghafal nama Nicolas.

4.Mengklarifikasi Informasi

Teknik ini merupakan teknik yang cukup rumit tetapi jika anda menguasainya, teknik ini akan sangat efektif. Misalnya, anda menghafal nomor telepon, 081243768437. Anda akan kesulitan untuk menghafalnya. Akan lebih mudah menghafalnya dengan cara seperti berikut.
08-1243-7684-37.
Dengan membagi informasi seperti ini, anda akan lebih mudah menghafalnya.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar