Membagikan informasi dan hiburan terkini untuk pembaca Blognya Nicolas.

Sabtu, 16 September 2017

Agatha Christie - Sang Ratu Penulis Cerita Detektif

September 16, 2017 Posted by Nicolas Hamizan No comments
Apakah kalian tahu nama Hercule Poirot? Ia adalah seorang detektif fiktif asal Belgia yang diciptakan oleh Agatha Christie.Agatha Christie juga menciptakan karakter Miss Marple.

Masa Kecil Agatha Christie

Foto Masa Kecil Agatha
Christie
Agatha Christie lahir dengan nama Agatha Mary Clarissa Miller. Ia lahir pada tanggal 15 September 1890 di Torquay,Devon,Inggris. Ia berasal dari keluarga yang cukup kaya, tergolong kelas menengah ke atas. Ia terlahir dari pasangan Frederick dan Clara Boehmer. Ayahnya adalah seorang orang golongan atas yang tinggal di Amerika Serikat. Ia mengenyam pendidikan di Swiss. Ayahnya adalah seorang yang sangat ramah dan bersahabat. Ibu Agatha Christie, Clara Boehmer, adalah seorang yang sangat mandiri karena ia dibesarkan hanya oleh seorang ibu dan sangat miskin. Karena hal itu, Clara besar sebagai wanita yang sangat kuat dan mandiri. Agatha sendiri mengatakan bahwa masa kecilnya sangat bahagia sekali. 

Ibunya mengajarkan Agatha banyak hal. Seperti piano,menulis, membaca, dan lain sebagainya. Pada saat kecil, Agatha sangat suka sekali membaca cerita karangan Mrs. Moleworth dan juga Edith Nesbit.

Masa Awal Karir

Novel pertama Agatha Christie
Agatha terkenal sekali suka membaca dan menulis. Ia menulis puisi pertamanya pada umur 10 tahun. Tetapi, awal karirnya tidaklah gampang. Sebelum buku pertamanya dipublikasikan, ia ditolak sebanyak 6 kali dari 6 perusahaan yang berbeda. Ia kemudian menciptakan karakter Hercule Poirot dalam novel pertamanya berjudul The Mysterious Affair at Styles. Novel pertamanya ini dipublikasikan pada tahun 1920. Pada saat Perang Dunia II mulai, ia bekerja sebagai asisten di sebuah apotek, di University College Hospital. Ia sangat familiar dengan obat-obatan yang digunakan saat itu. Dengan pengetahuannya itu, ia sering menggunakan pengetahuannya itu di novelnya. Ia kemudian menulis novel detektif dengan karakter lainnya, seperti Tommy dan Tuppence dalam novel keduanya berjudul The Secret Adversary pada tahun 1922.


Agatha Christie Menghilang

Agatha Chrsitie Menghilang
Agatha Christie menikah pada tahun 1914 dengan Archibald Christie. Mereka harus becerai pada tahun 1926. Agatha Christie pun menghebohkan publik dalam insiden kehilangannya. Setelah bercerai dengan suaminya, ia pergi dari rumahnya dan meninggalkan suratnya mengatakan ia akan pergi ke Yorkshore. Mobilnya ditemukan di Newsland Corner dengan surat mengemudi yang telah kadaluarsa dan beberapa pakaian.
Sekretatis pribadinya melapor kepada polisi dan surat kabar ternama pada saat itu menawarkan hadiah kepada siapapun yang menemukannya. Sebanyak 15000 orang secara sukarela mencari Agatha Christie bahkan Sir Arthur Conan Doyle pun turut mencarinya. Kasus ini pun dijadikan halam pertama di surat kabar The New York Times. Ia tidak ditemukan setelah 10 hari kemudian. Ia ditemukan di sebuah hotel bernama Swan Hydropathic Hotel (sekarang berganti nama sebagai Old Swan Hotel), di Yorkshire. Anehnya, ia terdaftar dengan nama Teresa Neele dari Cape Town.

Masa Tua dan Meninggal

Agatha Christie Saat Masa Tua
Ia pindah dan tinggal di Istanbul dan bertemu dengan Max Mallowen dan menikah dengannya. Pernikahannya sangat sukses sampai ia meninggal pada tanggal 12 Januari 1976 pada umur 85 tahun. Selama masa tuanya, ia tetap menulis novel detektif dan mengeluarkan banyak sekali novel dalam kurun waktu tesebut.



Kesimpulan

Agatha Christie dijuluki sebagai ratu penulis cerita detektif disamping Arthur Conan Doyle, penulis cerita detektif dengan karakter Sherlock Holmes. Ia juga diberi gelar Dame Commander of the Order of The British Empire (DBE) atas jasanya tersebut. Novelnya sangatlah laris. Novelnya terjual sebanyak 2 milyar kopi dan novelnya menempati urutan ketiga buku paling banyak dipublikasikan di belakang cerita Shakespeare dan Alkitab. Bukunya juga diterjemahkan ke berbagai bahasa , sebanyak 103 bahasa.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar