Membagikan informasi dan hiburan terkini untuk pembaca Blognya Nicolas.

Minggu, 15 Oktober 2017

Sun Tzu - Ahli Perang Terbaik Di China

Oktober 15, 2017 Posted by Nicolas Hamizan No comments
Sun Tzu adalah ahli perang yang hidup pada masa China kuno. Sun Tzu adalah penulis buku Art Of War yang sangat berpengaruh di seluruh dunia karena strategi perangnya yang sangat baik. Sun Tzu lahir dengan nama Sun Wi. Sun Tzu sendiri adalah nama penghargaan yang berarti "Master Sun".

Kehidupan Sun Tzu

Sun Tzu lahir pada tahun 544 sebelum masehi dan meninggal pada 496 sebelum masehi. Berdasarkan sumber yang tersedia, tempat lahir Sun Tzu tidak bisa diketahui. Beberapa sumber mengatakan Sun Tzu lahir di negara Qi tetapi ada juga sumber yang mengatakan Sun Tzu lahir di negara Wu. Sun Tzu mulai bekerja untuk Raja Helu dari negara Wu sebagai ahli strategi pada tahun 514 sebelum masehi.



Masa Keemasan Sun Tzu

Buku Art Of War karangan Sun Tzu sangat berpengaruh pada saat masanya. Teori di bukunya tersebut dipakai pada saat masa perang di China. Pada saat itu, terjadi perang besar-besaran antara 7 negara yang besar, yaitu negara Zhao, Qi, Qin, Chu, Han, Wei, dan Yan.






Pengaruh Sun Tzu

Sun Tzu sangat berpengaruh pada saat China Kuno. Teori dan strateginya sangat efektif pada perang. Ketua Partai Komunis China pada saat itu, Mao Zedong mengatakan kemenangan terhadap Chiang Kai-shek dan Kuomintang adalah berkat buku Art Of War. Bukunya tersebut pertama kali masuk ke Jepang pada tahun 760. Buku tersebut langsung berpengaruh terhadap gaya perang Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan banyak lagi. Ho Chi Minh menggubah buku tersebut ke dalam bahasa Vietnam untuk dipelajari oleh para kalangan jenderal. Vo Nguyen Giap, adalah ahli strategi di balik kemenangan Vietnam terhadap Prancis dan Amerika Serikat. Vo Nguyen Giap mendapatkan inspirasi dan strategi dari buku yang telah digubah tersebut.


Kesimpulan

Sun Tzu adalah orang yang sangat cerdas pada zamannya. Bahkan, strateginya tersebut masih bisa dipakai sampai saat ini. Strategi Sun Tzu sangatlah modern bagi zamannya. Maka dari itu, ia dianggap sebagai ahli strategi terbaik sepanjang sejarah China.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar