Membagikan informasi dan hiburan terkini untuk pembaca Blognya Nicolas.

Sabtu, 21 Oktober 2017

Amelia Earhart - Biografi dan Misteri Kehilangannya

Oktober 21, 2017 Posted by Nicolas Hamizan , No comments
Amelia Earhart adalah seorang pilot wanita. Ia adalah wanita pertama untuk terbang sendirian melewati Atlantik. Kehilangannya di tahun 1937 pada saat penerbangannya untuk terbang melewati seluruh dunia adalah misteri yang sampai saat ini tidak dapat dipecahkan.

Sekilas Tentang Amelia Earhart

Amelia Earhart lahir dengan nama Amelia Mary Earhart, lahir pada tanggal 24 Juli 1897 di Atchinson, Kansas. Ia mulai tertarik dengan dunia penerbangan pada bulan Desember 1920, pada saat ia menyaksikan pertunjukan penerbangan di Long Beach, Calif. Sejak itulah, ia mulai menekuni bidang penerbangan. Ia pun membeli pesawat pertamanya yang ia namai sebagai The Canary. Ia menjadi wanita pertama yang terbang 14000 kaki pada bulan Oktober 1922.Karena ada krisis ekonomi, ia menjual pesawatnya dan bekerja di Boston.
Pada bulan April 1928, Earhart menerima tawaran untuk terbang melewati Atlantik. Ia berperan sebagai Ko-pilot pada saat itu.



Melewati Atlantik Sendirian

Ia mulai merencanakan penerbangannya untuk melewati Atlantik sendirian. Kalau ia berhasil melaksanakannya, ia menjadikannya wanita pertama yang melakukannya dan manusia kedua yang melakukannya. Pada 20 Mei 1932, ia terbang dari Newfoundland menuju ke Paris. Pada saat bersamaan, ia dilanda cuaca yang buruk, awan yang tebal, dan es pada sayap pesawat. Ia mengetahui bahwa ia tidak dapat mendarat di Paris. Jadi, ia mendarat di Londonderry, Irlandia. Penerbangannya memakan waktu 15 jam, dan Earhart mendapatkan banyak sekali penghargaan karena pencapaiannya tersebut. Pada tahun 1930 sampai 1935, ia memecahkan dan membuat 7 rekor dalam dunia penerbangan.



Kehilangan Amelia Earhart

Pada 1 Juni 1937, mendekati ulang tahunnya ke 40, ia merencanakan untuk terbang mengelilingi dunia. Ia dan Fred Noonan, seorang navigator, terbang dari Miami. Mereka memulai perjalanannya menuju ke arah timur. Setelah 29 terbang, mereka mendarat dengan aman di Lae,Papua Nugini. Sisa perjalannya akan melewati Pasifik.
Rencana selanjutnya adalah untuk mendarat di pulau Howland, berada di sekitar Hawaii. Pulau ini adalah tempat yang sulit untuk mendarat.Maka dari itu, pendaratan pesawat di pulau ini harus dilakukan secara hati-hati.Pada jam 10 pagi, mereka meninggalkan pulau Lae menuju ke Pulau Howland. Ada saksi mata yang mengatakan sebelum mereka meninggalkan Lae, antena radio pesawat mungkin terjadi kerusakan. Selama mereka mulai mendekati Pulau Howland, mereka tidak dapat berkomunikasi dengan pusat. Komunikasi terakhir Earhart adalah pada saat jam 8:43 pagi. Komunikasi tersebut berbunyi "Kami menuju utara dan selatan."
Setelah kejadian tersebut, mereka mulai mencari dan menolong Noonan dan Earthart. Pencarian tersebut berlangsung selama 1 minggu. Pada 5 Januari 1939, Earhart dinyatakan meninggal.

Teori Tentang Kehilangan

Teori yang paling populer adalah pesawatnya kehabisan bahan bakar dan pesawatnya jatuh ke dalam laut. Namun teori lain bermunculan dan mendapat banyak respon positif. Teori tersebut mengatakan mereka mendarat dan selamat di pulau tak berpenghuni, pulau Nikumaroro atau pulau Gardner. Mereka selamat dan bertahan hidup di pulau itu selama beberapa minggu. Earhart meninggal di pulau tersebut dan keberadaan Noonan tidak diketahui.
Teori ini berdasarkan penelitian di pulau tersebut.Mereka menemukan beberapa peralatan, pakaian, dan lain sebagainya.Pada tahun 1940, British Colonial Service menemukan tengkorak dan sepatu pria dan wanita di pulau tersebut. Tetapi penelitian tentang tengkorak tersebut mengatakan bahwa tengkorak tersebut milik seorang pria bukan wanita.
Pada Juli 2017, sebuah foto ditemukan di dalam Arsip Nasional yang berisi foto Earhart dan Noonan selamat dari kecelakaan tersebut dan ditangkap oleh Jepang di Jaluit Atoll, Pulau Marshall. Tetapi, beberapa ahli tidak yakin dengan foto tersebut. Mereka harus mempelajarinya lebih lanjut.

Kesimpulan

Amelia Earhart adalah pilot wanita yang sangat hebat. Ia memegang beberapa rekor pada saat ia masih hidup. Tubuhnya tidak dapat ditemukan hingga sekarang dan menimbulkan misteri sampai saat ini. Banyak sekali peneliti yang masih menelitinya sampai saat ini.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar